Sabtu, 17 November 2018

Internet Protocol - Bukan Sekedar Angka

Salam Tech Savvy,
Dalam perjalanan hidup yang panjang namun singkat ini, masyarakat jaman now ini pasti tidak asing lagi dengan komputer, website dan sejenisnya. Pernahkah kalian melihat setumpuk angka yang dibatasi titik seperti : 101.128.XX.XXX (IP computer), 8.8.8.8 (IP google), 192.168.1.1 (IP standar router)? Jika pernah, maka selamat, anda sudah menemukan IP address.

Apakah IP Itu ?
IP adalah sekelompok angka yang dibatasi titik, biasanya berformat X.X.X.X yang digunakan sebagai label/alamat dari setiap peralatan yang terkoneksi internet. Entah itu PC, Smartphone, IoT, atau gawai lainnya.

Jadi, in a nutshell, IP adalah "alamat" dari komputer kita seperti alamat rumah kita, sehingga paket data dapat dikirim ke lokasi yang benar, dan tidak nyasar ke toko sebelah XD.

Fungsi utama IP adalah sebagai tanda pengenal host antarmuka jaringan dan sebagai alamat lokasi internet. Namun dengan IP, kita dapat mengetahui :
a. Alamat nyata komputer di dunia nyata.
b. ISP (merk penyedia layanan internet).
c. Browser dan sistem operasi dari gawai yang digunakan. (Jarang terlihat)

Sekarang, saya akan membahas cara mengetahui nomor ip dan lokasi kita dengan situs ini. Ketika anda membuka halaman tersebut, maka IP anda beserta alamat dan ISP anda akan langsung diketahui.
Tampilan situs iplocation
Scroll ke bawah dan anda akan menemukan lokasi anda dari beberapa sumber. Hasil dapat berbeda-beda tergantung dari database sumber informasi. Tetapi, letak negara sudah pasti akurat.
Lokasi anda berdasarkan IP
Alamat IP ini sangat sensitif dan dapat mengekspos lokasi anda, sehingga dapat dibobol dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka, bijaklah berinternet dan jangan membuka situs-situs mencurigakan atau memberitahu kode IP anda ke oranglain.

Dalam dunia yang semakin hingar-bingar pake axe, banyak kita saksikan adanya kebobolan informasi dan masalah yang ditimbulkan oleh internet. Hal ini bisa diatasi dengan banyak cara seperti:
a. Memasang Antivirus dan diperbaharui sesering mungkin
b. Memperbaharui sistem operasi sesaat setelah dirilis.
c. Menggunakan kata sandi yang rumit dan terdiri dari angka dan huruf.
d. Dan masih banyak lagi...

Selain itu, ada satu lagi alat yang memberi perlindungan tambahan, yang mungkin tidak asing lagi di telinga anda yakni VPN atau Virtual Private Network, yang akan saya bahas lebih mendetail di postingan selanjutnya. Intinya, VPN adalah alat yang digunakan untuk "menyandikan" kode IP kita sekarang, sehingga kita seolah-olah berada di negara lain, dan dapat membuka situs yang diblokir oleh negeri kita sendiri, (selama disana gak diblokir juga😁). Dan orang tidak akan tahu letak IP kita sebenarnya, sehingga kita bisa lebih annonymous.
Tampilan lokasi IP setelah terkoneksi VPN
Demikian postingan kali ini, semoga anda dapat lebih waspada lagi ketika menggunakan internet, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, Cheerio...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright Labels

Creative Commons License
Stop Web Pirates - Online Copyright Infringement Solutions